Jumat, 20 Maret 2009

PROGRAM SEKOLAH

Pengelolaan Lingkungan Terpadu

Tujuan Penerapan Green School:
1. Terbangunnya kepedulian lingkungan dari warga SCA
2. Terbangunnya sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi di SCA
3. Meningkatnya peran dan keberadaan SCA bagi masyarakat

Program-program Green School yang dilaksanakan:

1. Pembentukan Duta lingkugan SCA

Duta Lingkungan SCA adalah siswa SCA yang terpilih untuk menyebarluaskan pesan dan program lingkungan sekolah kepada teman-temannya di lingkungan SCA. Saat ini Duta Lingkungan SCA terdiri dari 10 anggota aktif.
Anggota Duta Lingkungan SCA nantinya akan dibekali wawasan dengan mengikuti pelatihan dasar peduli lingkungan. Salah satunya yaitu pelatihan pembuatan kompos yang akan diadakan di Lebak Bulus pada hari sabtu, 21 Maret 2009.

2. Pengelolaan Sampah Sekolah

Sampah yang diproduksi oleh warga SCA terdiri dari sampah kertas, sampah plastik, kaleng minuman, daun-daun, dan sampah basah. Jenis sampah di atas saat ini sudah dikelola Tim Kompos dan Tim Art.
Sampah kertas didaur ulang antara lain menjadi kertas surat, kerajinan tangan dari bubur kertas dan lain-lain. Sampah plastik diubah menjadi produk-produk yang bermanfaat seperti, tas, tempat pensil dll sedangkan sampah organik diolah menjadi pupuk.

3. Pembudidayaan Tanaman Obat

Tanaman obat yang dibudidayakan yaitu Toga (tanaman obat) pengusir nyamuk. Pilihan ini dengan mempertimbankan bahwa populasi nyamuk di sekitar sekolah cukup tinggi sehingga kasus

5. Kampanye Lingkungan

Sebagai kelompok yang peduli lingkungan, Duta Lingkungan menganggap penting untuk mulai mengampanyekan isu-isu lingkungan. Kegiatan kampanye ini bermaksud untuk menyebarkan benih kesadaran lingkungan kepada berbagai khalayak baik di lingkungan SCA maupun di luar sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar